Memperbaiki printer Epson LQ-2180 & LX-300 bila hasil print bergaris

Hasil print yang bergaris pada Epson type LQ-2180, atau sejenisnya dan LX-300 atau sejenisnya membuat karakter huruf menjadi tidak sempurna, apalagi jika memprint angka-angka (angka 8 bisa seperti angka 0 atau angka 6), dan tentu saja mengganggu peglihatan ketika kita membacanya. Yang lebih parah lagi jika dipakai untuk memprint bon / invoice, bisa -bisa tidak jadi dibayar tagihan kita karena tulisan angka-angka yang tidak jelas..!!

Kalau kita perhatikan deprinter Epson LQ-2180ngan seksama adalah ada beberapa bagian yang tidak tercetak  sehingga membuat hasil print seolah-olah ada garis memanjang dari kiri ke kanan. Ini disebabkan head print yang terdiri atas pin-pin / jarum head  (Epson LQ-2180 memiliki pin head berjumlah 24 pin head, Epson LX-300 memiliki 9 pin head) rusak atau penyebab lain yang membuat head print tidak berfungsi dengan baik.

 Jadi secara singkat jika hasil print bergaris pada printer Epson dot matrik adalah karena ada kerusakan:

  1. Head Print Rusak, dan atau
  2. Kabel Head rusak, dan atau
  3. Mainboard rusak ( karena pin head juga dikendalikan oleh mainboard )

Apakah head-nya saja bisa diperbaiki? Jawabannya adalah bisa ! yaitu dengan mengganti beberapa pin-pin (jarum) yang rusak (Tentu saja harus dipercayakan kepada teknisi yang berpengalaman), tetapi jika pin head yang rusak berjumlah banyak sebaiknya ganti satu head print.
Sedangkan kerusakan pada kabel head harus diganti baru, dan mainboard masih bisa diperbaiki).

NB: Printer Epson dot matrik sejenis:

  •     LQ-1170 >> LQ-2170 >> LQ-2180
  •     LX-300 >> LX-300+ >> LX-300+II